Info

Parpol Diminta Tidak Berkampanye Sebelum Waktunya

SUKABUMI. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi mengimbau seluruh partai politik untuk tidak berkampanye sebelum waktunya. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal itu termasuk berbentuk media cetak, elektronik, ataupun online. “Sebelum tahapan kampanye, semua dilarang berkampanye,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi Teguh Hariyanto, Sabtu (8/9).

Kampanye dalam hal ini ialah pertemuan terbatas, tatap muka, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga di tempat umum. Iklan dj media massa, rapat umum, dan debat tentanf materi kampanye. “Kampanye dapat dilakukan tiga hari setelah penetapan DCT sampai masa tenang,” ucapnya.

Apabila terdapat orang yang sengaja berkampanye di luar jadwal yang telah ditetapkan KPU akan terkena sanksi. Bahkan, sanksinya tersebut cukup berat. “Sanksinya ialah pidana kurungan paling lama satu tahun dan denda paling banyak Rp12juta,” ungkapnya.

Sebelum masa kampanye, setiap partai hanya diperbolehkan untuk sosialisasi dan pendidikan politik di internal. Termasuk pemasangan bendera partai dan pertemuan terbatas yang memberitahukan kepada KPU ataupun Bawaslu satu hari sebelum pelaksanaan. “Terkait himbauan ini, sudah disebarkan. Termasuk Panswascam telah bergerak menyusuri di setiap wilayahnya,” pungkasnya. (aka)

Komentar

Paling Populer

Copyright © 2018 ayoaawasi.com

To Top