Info

55 Relawan Demokrasi Ikuti Bimbingan Teknis

Foto/Ayoawasi

PURWAKARTA – KPU Kabupaten Purwakarta sukses menggelar agenda Pengukuhan dan Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi pada pemilu 2019 di Hotel intan Purwakarta, Jumat (25/01/2019).

Sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi dinyatakan lulus seleksi dan dikukuhkan secara langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Purwakarta.

Keceriaan seluruh peserta Relawan Demokrasi terlihat ketika salah satu komisioner KPU Provinsi Jawa Barat Dr. Idham Kholik memberikan materi.

“Kualitas pemilu perlu ditingkatkan, salah satunya dengan meningkatkan kualitas pemilih. Ditambahkan lagi Relawan Demokrasi harus siap ilmunya ketika ada pertanyaan-pertanyaan dari pemilih. Dan harus bisa menjelaskan melalui beberapa pendekatan baik secara psikologis, sosiologis serta adat/keagamaan sesuai dengan basis sosialisasi. Agar tujuan dari pembentukan relawan demokrasi yang diharapkan dapat menumbuhkan kembali kesadaran positif masyarakat akan pentingnya Pemilu dapat tercapai secara maksimal,” ujarnya kepada seluruh peserta Relawan Demokrasi.

Ketua KPU Kabupaten Purwakarta Ikhsan Fathurrahman menjelaskan, Relawan Demokrasi ini akan mendapatkan pembekalan selama dua hari. Ada pun porsinya, 50 persen pelatihan penyampaian materi dengan metode bridge, 25 persen berupa public speaking, dan 25 persen lagi tupoksi. Seluruh Relawan akan efektif bergerak mulai minggu 27 Januari hingga 13 April 2019.

Diakui Ikhsan, Relawan ini merupakan program nasional dan salah satu inovasi KPU guna meningkatkan partisipasi pemilu. “Karena kami mengharapkan pula dukungan seluruh masyarakat,” pungkasnya. (ham)

Komentar

Paling Populer

Copyright © 2018 ayoaawasi.com

To Top